Suwukan Pari
Array

Keywords

Suwukan Pari
Adat
Tradisi
Paguyuban Desa Songmeri
Seni
Budaya

Synopsis

Lahir di desa dengan mengalami berbagai peristiwa adat dan tradisi, Aminudin Sastroprawiro, ketua Paguyuban Desa Songmeri mencoba memanggil kembali semangat-semangat dan ilmu dari leluhurnya dalam peristiwa Suwukan Pari dan dituangkan kembali lewat seni dan budaya yang diprakarsai oleh Paguyuban Songmeri dan seniman Misbahudin Sarikung. Para leluhur terdahulu telah banyak mempelajari dan bersinergi dengan alam semesta, salah satunya Suwukan Pari yang merupakan formula yang masih diwarisi hingga hari ini seperti ramuan berbahan alam yang dapat mengusir hama tanpa merusak dan membunuhnya.

The spirit and ancestral knowledge of the Suwukan Pari event have been revived through art and culture initiated by the Paguyuban Songmeri and artist Misbahudin Sarikung. Suwukan Pari is a formula that is still preserved today. It is the awareness and precision of the Ancestors of Farmers to observe and practice in the field every day so that they can discover several natural ingredient formulations that can repel pests without damaging or killing them.

References

Andalan, S. T. A. (2023). Organologis musik gamelan eksperimen berbahan kaca di paguyuban song meri desa sukoharjo kabupaten pacitan/Sonshaakha Tampan Andalan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Agus Eko Triyono

Downloads

Download data is not yet available.