Bata Batu Padalarang
Array

Keywords

Bata Batu Padalaranng
Kerajinan batu
Batu
Padalarang

Synopsis

Haji Waet adalah salah satu tokoh pengrajin batu di Padalarang dengan hasil karya yang sudah dikenal beberapa daerah seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, hingga Pulau Kalimantan. Beliau membangun rumahnya pada 1997 dengan batu bata sebagai bahan dasar dinding bangunan. Batu bata Padalarang memiliki keunggulan, yaitu lebih kuat dan bisa menyesuaikan suhu di dalam ruangan, serta memiliki perawatan yang mudah dan lebih ekonomis.

Haji Waet is one of the stone craftsmen in Padalarang whose works are well-known in several regions such as Bandung, Jakarta, Surabaya, and even Kalimantan island. He built his house in 1997 using stone bricks as the main material for the walls. Unlike other types of bricks, stone bricks have the advantage of being stronger and able to adjust to the temperature inside the room. In addition, stone bricks are also easy to maintain and more economical.

References

Marzuki, P. F., & Jogaswara, E. (2007, December). Potensi semen alternatif dengan bahan dasar kapur padalarang dan fly ash suralaya untuk konstruksi rumah sederhana. In Seminar Nasional “Sustainability dalam Bidang Material, Rekayasa dan Konstruksi Beton”, ITB. Bandung.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Afrizal Alviansyah

Downloads

Download data is not yet available.